Pengertian Komputer

Kemajuan teknologi memang sangat lah pesat. Salah satunya adalah kemajuan Komputer, yang dilihat dari sejarahnya yang dulunya bentuk computer itu sangat lah besar sampai sekarang sangat mini. Tentu terpikirkan dalam benak kita, computer sebenaranya itu apa sih, pengertianya computer itu bagaimana. Apakah mungkin sebuah ‘kalkulator’ bisa disebut dengan computer?? Dan juga apakah Handphone itu computer ?? ( Handphone sama telpon rumah itu beda loh ).
Temukan jawabannya dibawah ini.. haha :D
Semoga dapat membantu anda. :D



A.      Pengertian Komputer


Menurut buku Computer Annual (Robert H. Blissmer), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
  Menerima masukan (input)
  Memproses input tadi sesuai dengan programmnya.
  Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
  Menyediakan output dalam bentuk informasi

Menurut buku Computer Today (Donald H Sanders),  komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi yang tersimpan di dalam memori (stored program).

Menurut buku Computer Organization (VC Hamacher),  komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat, dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang disimpan di dalam memori dan menghasilkan suatu informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan suatu keputusan.

Menurut buku Introduction to Computer (Gordon B. Davis),  komputer adalah suatu alat memproses data yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat tanpa campur tangan dari user (pemakai komputer).


       Dari berbagai definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah:

  Alat elektronik
  Dapat menerima input data
  Dapat mengolah data
  Dapat memberikan informasi
  Menggunakan suatu program yang tersimpan di dalam memori komputer
  Dapat menyimpan data dari hasil pengolahan
  Bekerja secara otomatis


Sedangkan yang dimaksud dengan program adalah “kumpulan instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya yang sudah ditentukan”.

Dan dalam pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama “Pengolahan Data Elektronik” atau Electronic Data Processing (EDP). 

Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan.  Data dapat berupa angka-angka, huruf, simbol khusus atau gabungan dari keduanya.  Data mentah masih belum bisa bercerita banyak, sehingga perlu diolah lebih lanjut. 
                                        
Pengolahan data adalah manipulasi data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, berupa suatu informasi. 

Sedangkan informasi adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.

 Jadi pengolahan data elektronik adalah manipulasi data kedalam bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik yaitu komputer.

Suatu proses pengolahan data terdri dari 3 tahapan dasar, yang disebut dengan siklus pengolahan data (data processing cycle), yaitu input, processing dan output.

Gambar.1. Proses Pengolahan Data


- Input, tahap ini merupakan proses pemasukan data yang akan diolah ke dalam proses komputer menggunakan alat input.
- Processing, tahap ini merupakan proses pengolahan data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat proses yang dapat berupa proses menghitung, mengalikan, mengklasifikasikan atau mencari di storage.
- Output, tahap ini merupakan proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output (Ouput Device), yaitu berupa informasi.

Pengolahan Data Yang Telah Dikembangkan :

Gambar.2. Proses Pengolahan Data yang Telah Dikembangkan


- Origination, tahap ini berhubungan dengan proses dari pengumpulan data berupa proses pencatatan.

- Distribution, tahap ini merupakan proses dari distribusi output kepada pihak yang berhak dan             membutuhkan informasi.

- Storage, tahap penyimpanan 

0 comments:

Post a Comment